Hari Pahlawan, Hari Mengulang Sejarah

                Hari ini 10 november,hari pahlawan Indonesia, hari dimana kita merayakanya dengan suka cita dan ritual tabur bunga untuk para aparatur pemerintahan . tahun demi tahun kita melewati hari ini namun sepertinya tak ada yang berubah dalam tatanan negeri ini sama setiap tahunya kemiskinan,kebodohan,kelaparan dan terus melekatnya budaya korupsi dalam pemerintahan negeri.apakah tabur bunga dan upacara bendera bisa merubah semua itu !! jelas “ TIDAK ” ,perlu adaya tindakan yang kongkrit dari pemerintah kita dalam hal itu. Di hari ini seharusnya kita mengenang semua perjuangan para leluhur kita yang mengorbankan nyawanya untuk bumi pertiwi tercinta ini,di hari ini pula seharunya kita mengulang sejarah tokoh tokoh yang telah memperjuangkan segenap raganya untuk bumi nusantara  bukan hanya sekedar memperingati dengan datang ke taman pahlawan dan menabur bunga di depan salah satu makam pahlawan !! jika di kata begitu cara mereka menghormatii para leluhur, mungkin menurut gw salah besar, boleh lah menghormati mereka namun jika mereka dapat berbicara dan melontarkan kata kata untuk negeri ini, gw nyakin mereka tak mau ritual itu pastilah yang mereka mau sebuah perubahan dan sebuah langkah kongkrit pemerintah untuk membangun bumi pertiwi sebagai mestinya mereka cita citakan dahulu, bukan datang setiap tahun kemakam dan menaruh karangan bungan saja dan tanpa sebuah perubahan .

              belum halnya para veteran perang yang masih bernafas hingga saat ini, menuntut haknya pada bumi ini, raga dan keringatnya harus di hargai bukan setelah merdeka kita melupakanya begiu saja.menurut gw Negara ini sangatlah minim tahu bagaimana cara menghargai jerih payah seseorang apa lagi seoarng yang kita katakan seorang pahlawan untuk negeri ini. Sebagaimana yang kita ketahui pastilah ada dana yang terkucur dari pemerintah untuk para veteran itu namun nyatanya tak menyentuh kulit keriput mereka yang menunggu di sudut sempit bumi pertiwi.jika uang pensiun turun pun tak sepadan dengan kebutuhan hidup mereka, sungguh miris dahulu para leluruh mempertaruhkan nyawanya untuk merdeka dan akhirnya hal itu dapat terwujud tanpa ada kata pamrih untuk bumi pertiwi sekarang sekedar menghormati mereka yang masih hiduppun kita tak mampu, keadilan yang mereka cari.

                sebagai contoh gw mengangkat salah satu kehidupan veteran perang republic Indonesia yang kini masih mencari keadilan, beliau bernama Andi Djemma .Hidup adalah perjuangan. Setidaknya inilah yang dirasakan Andi Djemma, seorang veteran perang kemerdekaan RI. Pada masa penjajahan, Andi dan rekan-rekannya bertaruh nyawa merebut kemerdekaan. Kini setelah 68 tahun sejak Soekarno membacakan teks proklamasi, Andi tetap harus berjuang melawan kemiskinan dan penggusuran. “Tidak dihargai veteran!” kata Andi di Makassar, Sulawesi Selatan.
                Andi adalah Wakil Ketua Legiun Veteran Cabang Kota Makassar. Dua tahun silam, Andi dan rekan-rekannya sesama veteran harus digusur dari rumahnya yang ditempati sejak 1947.
               
Setelah rumah mereka dibongkar, kini Andi Jemma bersama sekitar 20 anggota veteran lainnya terpaksa tinggal di tanah wakaf Pemerintah Kota Makassar. Di atas tanah bekas rawa itulah Andi dan rekan-rekannya menghabiskan masa tua. “Saya tidak cerita yang tidak benar, saya dosa [jika bohong],” kata Andi yang masih lantang walau giginya tinggal beberapa.

                Di balik balutan kulitnya yang telah keriput, patriotisme Andi masih berkobar. Mengenakan baju beserta atribut veteran, dan terus memperhatikan negeri ini dari sudut nusantara .

                kita telah melihat bagaimana nasib mereka , itupun baru salah satu dari mereka bagaimana nasib yang lainya apakah mereka sudah hidup dengan nyaman merasakan kemerdekaan negeri ini?? Entah hanya tuhan yang tahu perihal itu .

              
  hingar bingar hari ini terus terlihat di penjuru negeri,dari tukang beca,kuli bangunan mahasiswa sampai PSK di gang dollypun merayakanya, berbagai carapun dilakukan untuk menyambut hari ini, namun tak kita sadari apakah ada yang berubah dari negeri ini?? Apakah ada kemajuan yang sangat besar kita rasakan?? Mari bersama kita rubah tatanan bumi pertiwi dengan cara memperingati hari ini sebagai hari dimana kita mengulang sejarah pahlawan dan memperaktekan apa yang meraka lakukan dengan cara zaman sekarang bukan berperang atau bertaruh nyawa, namun bersama memajukan bumi pertiwi ini dan terus berusaha memerdekakan negeri ini dari kata “ ketidak adilan “ yang merampas hak hak warga negara Indonesia dengan cara seperti ini hari pahlawan akan terasa mengena.tak bisa dipungkiri bahwa Negara ini perlu the next pahlawan bukan lagi seoarang pengkhianat pengkhianat bangsa.


SELAMAT HARI PAHLAWAN BUMI PERTIWI
                
Previous
Next Post »

twitter