Ketika PANCASILA hanya sekedar HAFALAN .

siapa yang tak tahu bahkan hafal ideologi negara kita INDONESIA , dari pendidikan terbawah hingga mahasiswa di wajibkan menghafalnya , tak lain tak bukan itulah PANCASILA dasar negara kita yang kita anut dari masa kelam penjajahan hingga masa kini .Namun sayang , karena kian maju negara kita kian terlupakan pula nasib dasar negara ini , semakin terhapus semakin hanya sekedar dasar negara yang hanya di hafal dan di ucap setiap upacara bendera saja !!
miris melihat hal ini , yang dulunya sebagai pemicu bernegara yang layak dan adil sekarang hanya sekedar bacaan wajib , yang seakan tak di ketahui arti dalam setiap barisan hurufnya .Kenapa gua bilang seperti ini , jelas dan terlihat di depan mata kala pancisila yag dulu di agung agungkan bung karno hanya secerca ungkapan bernegara saja tanpa ada penerapan di setiap isi kandunganya .


1.ketuhan yang maha esa.
2.Kemanusian yang Adil dan beradab
3.Persatuan Indonesia
4.Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat Kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
5.Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat indonesia.

dari 5 sila yang ada itu , hanya sekedar di hafal tanpa pempraktekan . hanya sila 1 yang sebagian besar menjalankanya , namun sila yang selanjutnya hanya sebuah tanda tanya besar ?
apakah negara ini telah ADIL dan BERADAB , apaklah negara ini telah bersatu tanpa ada perselisihan di setiap elemenya , apakah negara ini selalu mengedepankan permusyawaratan dan apakah KEADILAN SOSIAL telah merata di setiap penjuru nusantara .

sungguh di sesalkan ketika para penguasa negeri ini malah asik dengan dunianya yang penuh kegelamoran harta , meraka hafal dan tau arti dari sila sila itu namun enggan untuk menjalakanya , penguasa hanya bisa bersuka untuk terus mengerogoti uang hasil rakyat !!
ini bukan hal yang sepele , bukan hal yg kecil taoi hal yg besar dan bisa mengakibatkan kehancuran negara ini secara perlahan karena apa , dasar dan ideologi negara saja tak mau di jalani bagai mana UUd dan segala aspek yang lain !

mari kita tersadar betapa pentingnya menghafal dan menjalani arti arti yang ada di dalam PANCASILA kita ini agar negara ini terus maju dibimbing PANCASILA sebagai pedoman bernegaranya .

twitter