berdamailah The jak mania dan Viking

the jak mania , siapa yang tak kenal seporter fanatik persija ini jakarta , ribuan simpatisanya tersebar dimana mana bahkan di luar jakarta itu sendiri  dan siapa yang tak tahu Viking , seporter setia club maung bandung atau Persib bandung , yang sama mempunyai ribuan simpatisan yang tersebar pula di luar bandung  . dari gue kenal bola 2 kelompok besar seporter ini saling bermusuhan satu sma lain , gue kurang tahu jelas asal usul kedua suporter ini saling dendam dan bahkan saling membunuh . sangat tragis banget dengernya , tanpa alasan jelas dan mungkin permasalah yang sepele mereka saling berjibaku untuk saling menjatuhkan . di saat persija bertandang ke bandung suporter mereka ( VIKING ) sudah menganggap mereka layaknya belanda di masa lalu , lempar batu , botol , samapai lemari juga . sama hal ya jika persib datang kejakarta stadium pastilah terdengar jelas cacian dan leparan batu . dari gue kecil permusuhan mereka sangatlah berlegenda layaknya real madrid dan barcelona di spayol tapi bedanya suporter meraka tidak seanarkis ini . segala cara sudah di tempuh buat mendamailkan 2 kelompok ini , yang gue inget salah satu caranya , waktu persija vs. persib di senayan ada bentangan spanduk yang bertuliskan " bersatulah the jak dan viking " yang di pegang oleh semua tim yang lagi bertanding saat itu ,tapi tetep ajah , merekan teteplah seperti layaknya rival abadi . yang gue heran para pemain kedua club biasa ajah menjalani peertandingan , knpa suporternyaa bgtu repot saling mengejek dan bahkan saling bunuh .. ayolah kita bersatu untuk indonesia , layaknya suporter luar negeri sana yang dapat duduk bersama untuk mendukung tim atau clubnya masing masing , menonton dengan tenang dan damai bukan saling tikam dan dendam . sudah banyak korban yang melayang akibat hal ini , sudahi semua mari kita redam dendam yang ada kiat bersatu satukan semua jiwa untuk olahraga indonesia yang sedang masa sulitnya , bukan saatnya kit terus mengedepankan egoisme . BERSATULAH THE JAK MANIA dan VIKING untuk indonesia dan persepak bolaan negeri ini .

 ( DOCALL for THE JAK MANIA dan VIKING bersatu )

Pergaulanmu Melupakan Budayamu

"pergaulanmu melupakan budayamu" kata itu yang sengaja gue pakai di sudut gambar ini , alasanya mungkin banyak sekali . anak anak jaman sekarang yang notabene tinggal di jaman yang berteknologi mungkin sudah melupakan permainan permainan tradisonal semacam gambar disamping . dulu di jaman gue bocah permainan ini yang bisa buat kita saling tertawa dan mengenal satu sama lain . dengan permainan yang sederhana ini kita sampe lupa waktu buat pulang, namun masih dalam keadaan yang positif karna permainan ini tidak merusak jaringan otak atau pun mempunyai efek samping (paling keseleo ajah ). berbeda di jaman sekarang , dengan tekonologi yang kian pesat , anak anak lupa dengan permainan ini , mereka penuhi warnet warnet dengan game game yang menerut gue kurang pantes mereka mainkan atau membuka situs situs dewasa yang sangat tidak layak untuk masa perkembanganya di sekitar rumah mereka , atau bermain tablet atau bb yaa di dalam rumah seharian tanapa keluar kamar . jaman terus maju berkembang, namun jika tidak di fiter atau di saring dengan budaya yang melekat dalam bangsa ini , mau jadi apa kelak generasi muda kita yang terus di jejeli budaya budaya barat sana !!
dengan gambar ini gue mencoba buat mengambarkan , bolehlah kita mengikuti berkembangya jaman namun jangan lah kita melupakan budaya kita sendiri . budaya kita berciri khas dari sabang hingga ujung marauke sana , miris jika budaya itu hinang begitu saja tanpa ada yang menjaganya , apakah mau terus di akui budaya kita oleh negara tetangga ?? apakah mau mereka terus mengakuinya ,  mari kita tersadar dari terlenaya jaman , jangan kau lunturkan budaya ini, jaga dan kembangkan budaya bangsa ini . jaga nama INDONESIA di kancah internasional dengan negara yang memiliki beribu ribu macam bahasa,budaya adat istiadat dengan mulai mengenal budaya budaya bangsa ini .

( DOCALL si goresan pensil untuk INDONESIA )
Gambar ini mungkin kurang memberi gambaran dan arti , dalam gambar ini gue coba menggambarkan dan mengajak kita semua untuk memberantas korupsi dengan cara menyelamatkan kpk . mungkin udah agak basi , hati gue mulai tergerak pada saat gue nonton berita dan mendengar lembaga ini ingin di bubarkan , ironis bgt di saat negara ini penuh dengan orang orang yang mengeruk harta rakyat dan rakyat ingin keadilan dan kejuujuran malah di satu pihak yang merasa terancam ingin memnbubarkan lembaga ini .
sulit tuk bayangkan memang bagai mana muka indonesia jika terus membiarkan tikus tikus negara itu berkeluyuran di tengan bangsa ini dan terus menggerogoti uang uang bangsa ini .
dari gmabr ini terlihat anak kecil sedang berbicara " save KPK " di sisni gue mencoaba menyampaikan bahwa ank kecil saja ingin melindungi KPK yang notabene masih belum terlalu mengerti seluk buluknya dan rumitnya permasalahan di indonesia . tapi mau berteriak untuk siap melindungi KPK .
sudah terlalu banyak kita lihat kasus kasus korupsi melenggang bebas kembali.dari kasus gayus yang dapat sempet sempetnya mampir kebali , miris sebuah tahanan bisa keluar masuk sel seenaknya selayaknya sel itu hotel dan tempat transitnya . uang !!! dengan uang semua dapat di lakukan di indonesia . sogok sana sini !! apakah mau terus begini nasib bangsa kita , penjajah bukan lagi belanda dan jepang namun KORUPTOR lah penjajah indonesia sekarang ini . oleh karna itu marilah kita berikan dukungan pada KPK dukungan lewat mana saja yang dapat kita sampaikan . untuk indonesia maju indonesia yang bersih dan indonesia yang jujur . maju KPK di  tanganmu kini penjajah itu di berantas di tanganmu kini masa depan cerah INDONESIA .

(docall for KPK) 

twitter